Kamis, 18 Juli 2024
BerandaPengembangan AplikasiAlternatif Upload dan Publish Aplikasi Selain Google Play Store

Alternatif Upload dan Publish Aplikasi Selain Google Play Store

Setelah selesai membangun aplikasi atau game, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan aplikasi di toko aplikasi seperti Google Play Store agar aplikasi kita bisa dipasarkan dan digunakan oleh para pengguna smartphone. Play Store adalah toko aplikasi terbesar untuk platform Android, semua pengguna ponsel pintar Android akan mencari aplikasi yang dibutuhkan melalui Play Store.

Jika Anda adalah pengembang pemula, agar aplikasi Anda bisa di publikasikan di Play Store adalah dengan cara mendaftar akun di Google Play Developer, untuk membuat akun Google Play sebagai developer dibutuhkan biaya pendaftaran sebesar $25 atau sekitar IDR 380rb. Metode pembayarannya menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang mendukung pembayaran ke luar negeri seperti Jenius dan Bank Jago.

Namun bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit atau biaya untuk pendafataran, anda masih bisa upload dan mempublikasikan aplikasi Anda melalui toko aplikasi alternatif Google Play seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Alternatif Upload dan Publish Aplikasi Selain Google Play Store

1. Xiaomi Developer (GetsApp)

Xiaomi adalah brand smartphone Android yang cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia. Xiaomi memiliki toko aplikasi sendiri yaitu Xiaomi GetsApp. Anda bisa mendaftar sebagai developer secara gratis, syarat yang dibutuhkan hanyalah ID seperti KTP dan Paspor untuk memverifikasi diri anda sebelum merilis aplikasi ke toko aplikasi. Jika Anda tertari untuk mempulikasikan aplikasi di Xiaomi GetsApp Anda bisa langsung mengunjungi halaman registrasi developer melalui tautan ini.

2. Vivo Developer (V-Appstore)

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan brand smartphone yang satu ini. Vivo hampir sama dengan Xiaomi yaitu brand smartphone yang cukup banyak penggunanya. Vivo juga memiliki toko aplikasi sendiri yaitu V-Appstore. Anda bisa mendaftar menjadi developer agar bisa mempublikasikan aplikasi. Tidak ada biaya pendaftaran alais gratis, namun sebelum mendaftar sebagai developer persiapkan kartu pengenal Anda seperti KTP, SIM atau Paspor. Daftar sebagai developer di Vivo melalui tautan ini.

3. Oppo Developer

Oppo juga memiliki program developer untuk memfasilitasi para developer lokal untuk memasarkan aplikasinya. Sama dengan Xiaomi dan Vivo, anda bisa mempublikasikan aplikasi di Oppo Appstore tanpa membayar biaya pendaftaran sebagai developer. Selain itu, tidak ada integrasi SDK yang diwajibkan untuk mempulikasikan aplikasi di Oppo Developer. Untuk melakukan pendaftaran di Oppo Developer anda bisa mengunjungi tautan ini.

4. Galaxy Store | Samsung Developer

Galaxy Store adalah toko aplikasi yang juga cukup populer dikalangan para pengguna ponsel Samsung. Sebagai developer aplikasi, anda wajib mempublikasikan aplikasi anda di Galaxy Store. Seperti yang kita tahu pengguna ponsel Samsung cukup banyak sehingga memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan jumlah download aplikasi Anda. Untuk mendaftar di Galaxy Store tidak ada biaya pendaftaran. Selain itu, tidak ada integrasi SDK khusus yag dibutuhkan untuk mempublikasikan aplikasi di Galaxy Store ini. Namun diperlukan Akun Samsung agar anda bisa mendaftar sebagai pengembang. Jika anda tertarik, Anda bisa langsung mendaftar melalui tautan ini.

5. Amazon Appstore

Selanjutnya alternatif upload dan publikasikan aplikasi selain di Google Play adalah Amazon App Store. Amazon adalah toko online yang cukup populer, dan sekarang Amazon memfasilitasi pengembang aplikasi agar bisa mendistribusikan aplikasi Android kepada para pengguna Amazon. Tidak diperlukan biaya untuk mendaftar di Amazon Appstore, bahkan tidak diperlukan ID untuk memverifikasi pendaftaran. Syarat wajib yang perlu di ketahui oleh para developer Indonesia saat mempublikasikan aplikasi di Amazon adalah harus menulis deskripsi aplikasi dengan bahasa Inggris. Jika Anda tertarik untuk mempublikasikan aplikasi di Amazon App Store Anda bisa langsung mendaftar melalui tautan ini.

Itulah 5 alternatif mempublikasikan aplikasi selain di Google Play Store. Ke 5 appstore di atas juga bisa di tautkan dengan AdMob sebagai sumber penghasilan dari aplikasi Android. Jika Anda mengetahui alternatif selain 5 yang sudah kami bahas di atas, silakan berbagai melalui form komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Artikel menarik lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer