Home » Pengembangan Aplikasi » 6 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Gratis

6 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Gratis

Untuk membuat aplikasi Android biasanya untuk para expert menggunakan software Android Studio, IntelliJ IDEA atau Flutter. Agar bisa menjalankan software pembuat aplikasi Android tersebut, dibutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang memadai. Selain itu dibutuhkan keterampilan menulis kode atau coding agar bisa membangun sebuah aplikasi yang di inginkan. Tentunya selain membutuhkan modal untuk membeli laptop, juga harus mengusai dasar-dasar bahasa pemrograman.

Bagi Anda yang masih pemula tenang saja, Anda bisa membuat aplikasi Android tanpa harus repot coding. Pada postingan ini Admin akan membagikan cara membuat aplikasi Android tanpa coding. Walaupun membuat aplikasi tanpa coding hasilnya akan sama saja seperti membuat aplikasi dengan Android Studio atau software lainnya.

Untuk membuat aplikasi tanpa coding kita akan menggunakan platform website pembuat aplikasi online. Tugas Anda hanya drag dan drop mendesain tampilan antar muka aplikasi sesuai yang Anda inginkan.

Apakah Membuat Aplikasi Tanpa Coding Bisa di Upload ke Play Store?

Tentu saja bisa, agar aplikasi bisa di unggah ke Play Store membuat keystore untuk kunci aplikasi kita. Keystore ini yang harus kita simpan karena pada saat ingin mengupdate aplikasi harus menggunakan keystore yang sama. Yang paling penting adalah aplikasi kita tidak melanggar kebijakan Google Play Store agar aplikasi atau game bisa dipublikasikan ke Play Store.

Apakah Bisa Menghasilkan Uang Dengan Membuat Aplikasi Tanpa Coding?

Untuk menghasilkan uang dari aplikasi, Anda harus memasang jaringan iklan ke aplikasi Anda. Dengan membuat aplikasi tanpa coding, Anda juga bisa mengintegrasikan jaringan iklan seperti AdMob, AppLovin atau jaringan iklan lainnya. Setelah aplikasi jadi, Anda bisa mendistribusikan aplikasi anda ke toko aplikasi agar mudah di temukan dan install oleh banyak pengguna. Baca: 5 alternatif publish aplikasi selain Play Store.

Jika Anda tertarik untuk membuat aplikasi tanpa coding, dibawah ini telah admin rangkum 6 website pembuat aplikasi Android gratis maupun yang berbayar yang bisa Anda coba.

Cara Membuat Aplikasi Tanpa Coding

1. AppsGeyser

AppsGeyser

Dengan AppsGeyser Anda bisa membuat berbagai macam aplikasi seperti aplikasi vpn, aplikasi wallpaper, hingga aplikasi toko online. Sudah tersedia template gratis maupun berbayar yang bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi. Tugas anda hanya menysusun tata letak agar aplikasi anda memiliki antar muka yang menarik. Anda bisa membangan aplikasi dengan nama dan icon anda sendiri. Cukup sediakan icon aplikasi Anda sendiri dengan ukuran 512x512px.

2. Andromo

Andromo

Bagi para pengembang aplikasi Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan website pembuat aplikasi yang satu ini. Dengan Andromo tersedia banyak pilih kategori aplikasi yang bisa kita buat, dari mulai aplikasi untuk toko online, aplikasi untuk jasa dan penyewaan, aplikasi alat hingga aplikasi ringtone. Tidak perlu coding sedikitpun, Anda hanya cukup mengatur tampilan dengan cara drag and drop agar sesuai dengan keinginan anda. Namun jika Anda ingin mengintegrasikan iklan ke aplikasi dibutuhkan biaya langganan premium.

Baca Juga: 4 Source Code Untuk Membuat Aplikasi Wallpaper Android

3. Appery.io

Appery.io

Selanjutnya ada Appery.io adalah website pembuat aplikasi yang telah digunakan oleh lebih 500.000 penguna. Appery memiliki fitur beckend service yang terintegrasi dengan banyak pilihan plugin API. Hanya membutuhkan beberapa langkah saja hingga aplikasi Anda rilis. Pertama pilih template yang tersedia, ataur tampilan dengan cara drag and drop, koneksikan database dan service aplikasi, terkahir build aplikasi dan deploy web ke aplikasi.

4. Appy Pie

Appy Pie

Appy Pie adalah website pembuat aplikasi yang bisa Anda coba. Anda bisa membuat aplikasi Android maupun aplikasi iOS. Aplikasi buatan dari Appy Pie ini sudah mendukung untuk di upload ke Play Store maupun AppStore. Tidak dibutuhkan coding sama sekali untuk membuat aplikasi di website ini, cukup drag and drop pada website secara langsung. Namun untuk versi yang gratis akan di sisipi iklan dari Appy Pie. Biaya langganan premium di Appy Pie mulai dari $18 per bulan hingga $60 perbulan dengan fitur yang lengkap. Untuk uji coba anda bisa mencoba versi trial terlebih dahulu untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang anda peroleh. Kelebihan selanjutnya adalah Appy pie telah mendukung Bahasa Indonesia sehingga lebih memudahkan saat membuat aplikasi.

5. Jagel.id

Jagel.id

Berbeda dari 4 pembuat aplikasi tanpa coding di atas. Yang mana Jagel berasal dari Indonesia. Tentunya semua bahasa pada website pembuat aplikasi ini menggunakan Bahasa Indonesia, pastinya akan sangat mempurmudah bagi Anda yang mengalami kendala pada bahasa asing. Dengan Jagel anda bisa membuat aplikasi seperti: toko online, aplikasi jasa dan penyewaan, aplikasi perusahaan hingga aplikasi ojek online. Semua aplikasi yang dibuat dengan Jagel sudah mendukung untuk di upload ke Play Store dan digunakan oleh semua pengguna. Untuk paket biayanya terbilang cukup murah, yaitu hanya Rp. 100.000,- per bulan anda sudah bisa membuat aplikasi ponsel untuk usaha anda.

Baca Juga: 5 Source Code Web Browser untuk Android Studio Gratis

6. Kodular

Kodular

Rekomendari selanjutnya untuk website pembuat aplikasi tanpa coding adalah Kodular. Website ini khusus untuk membuat aplikasi Android. Kodular menyediakan desain template aplikasi dengan material desain terbaru. Tentunya dengan tema material tampilan antar muka aplikasi anda akan terlihat lebih segar dan menarik. Untuk membuat aplikasi disini hanya cukup drag and drop kemudian menyesuaikan beberapa pengaturan untuk aplikasi Anda.

Kesimpulan

Banyak platform website yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android tanpa harus coding. Kami memberikan 6 rekomendasi website yang memiliki fitur yang cukup lengkap untuk pembuatan aplikasi Android. Anda bisa mencobanya satu-persatu untuk mendapatkan website pembuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhkan anda. Tentunya dari ke 6 website tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada rangkuman 6 cara membuat aplikasi Android tanpa coding. Semoga bisa menjadi referensi dan bisa menambah wawasan anda.

Tinggalkan komentar