Rabu, 17 Juli 2024
BerandaInternetKenali Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Internet

Kenali Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Internet

Dengan berkembangnya teknologi, jaringan komputer saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari sebagian besar bisnis dan organisasi yang ada saat ini. Jadi tahukah kamu apa itu jaringan komputer? Dalam artikel kali ini ini , kita akan belajar tentang jenis-jenis jaringan komputer dan internet berdasarkan kriteria yang berbeda.

Apa Itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer merupakan sekumpulan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain melalui alat komunikasi seperti kabel, gelombang radio, ataupun wireless dengan tujuan berbagi sumber daya dan data antar perangkat yang masih berada di dalam satu jaringan. Di mana protokol jaringan dan media transmisi digunakan sebagai medianya.

Tujuan dari jaringan komputer yaitu untuk memungkinkan perangkat saling berkomunikasi, berbagi sumber daya, mengakses data dari jarak jauh, dan menyediakan layanan seperti email, akses internet, serta transfer file dan data. Jenis-jenis jaringan komputer yang paling populer saat ini seperti LAN (Local Area Network), WLAN (Wireless Local Area Network), WAN (Wide Area Network) dan Internet.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Komputer?

Jaringan komputer bekerja dengan cara menghubungkan perangkat komputer bersama-sama untuk berbagi sumber daya dan saling mengirimkan informasi. Perangkat disini berupa komputer, server, smartphone, tablet, printer, perangkat penyimpanan, dan perangkat lainnya.

Perangkat-perangkat dalam jaringan saling terhubung satu sama lain melalui media seperti kabel, gelombang radio atau wireless. Setiap perangkat nantinya akan memiliki alamat IP (IP Address) unik sehingga bisa saling berkomunikasi dengan perangkat lain di dalam jaringan.

Jaringan komputer bisa menggunakan protokol yang berbeda untuk mengirimkan informasi antar perangkat. Protokol-protokol ini meliputi: TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), UDP (User Datagram Protocol), SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol).

Komputer dalam suatu jaringan bisa mengirim dan menerima informasi satu sama lain melalui protokol transfer informasi menggunakan TCP atau UDP. Protokol-protokol ini menyediakan integritas informasi, sinkronisasi transmisi, dan juga menyediakan kemampuan manajemen sumber daya.

Server dalam jaringan memiliki tanggung jawab untuk menyimpan data dan menyediakan layanan seperti akses internet, transfer file, serta email. Perangkat lain di jaringan bisa mengakses layanan ini melalui protokol dan media yang support.

Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Internet

Ada banyak jenis-jenis jaringan komputer dan internet yang digunakan untuk perangkat seperti komputer, hp, tablet, dan perangkat lainnya. Artikel ini akan membantu akan menjelaskan secara ringkas tentang jenis-jenis jaringan komputer dan internet seperti LAN, WAN, MAN, dan lainnya.

1. LAN (Local Area Network)

Singkatan LAN yaitu Local Area Network atau disebut juga jaringan area lokal, jaringan ini hanya digunakan di area terbatas tertentu dengan kecepatan transmisi tinggi.

Perangkat yang menggunakan LAN bisa berbagi sumber daya satu sama lain, umumnya jaringan LAN digunakan untuk berbagi file, printer, dan beberapa perangkat lainnya.

Kelebihan menggunakan jaringan LAN yaitu memiliki kecepatan transmisi tinggi dan mendukung koneksi cepat banyak perangkat. Walaupun jangkauan koneksinya sangat terbatas, tetapi jenis jaringan komputer ini lebih hemat biaya, menggunakan sedikit kabel, dan mudah dikelola.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network yang juga dikenal sebagai jaringan perkotaan yang terhubung dari banyak jaringan LAN melalui kabel, atau perangkat transmisi lainnya. Jenis jaringan komputer MAN ini sering digunakan terutama di sebuah organisasi dan bisnis dengan banyak cabang dan departemen yang terhubung satu sama lain.

Jaringan MAN sering digunakan pada sebuah bisnis karena jenis jaringan komputeri ini menyediakan banyak jenis layanan seperti jalur penghubung melalui suara (voice), data, video (gambar), dan penerapan aplikasi dengan mudah.

Kelebihan jaringan MAN yaitu memiliki jangkauan koneksi yang besar membuat interaksi antar departemen bisnis menjadi mudah, efektif, memiliki biaya rendah, kecepatan transmisi stabil, keamanan informasi lebih baik dan memiliki manajemen yang sederhana.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network merupakan kombinasi jaringan perkotaan termasuk jaringan MAN dan jaringan LAN melalui peralatan satelit, kabel serat optik, dan kabel listrik.

Jaringan WAN ini diciptakan untuk menghubungkan wilayah yang luas dalam skala lebih besar seperti skala nasional. Protokol yang digunakan pada jaringan WAN yaitu TCP/IP, dan untuk bandwidth transmisinya berbeda-beda tergantung lokasi instalasi.

Kelebihan jaringan WAN memiliki konektivitas luas, tidak memiliki batasan sinyal, mudah berbagi informasi dan menyimpan data. Kecepatan transmisi jaringan WAN ini relatif bervariasi tergantung pada masing-masing area atau perangkat transmisi.

4. PAN (Personal Area Network)

Jaringan PAN atau juga dikenal Personal Area Network merupakan jaringan pribadi dengan konektivitas area kecil, jaringan ini sering digunakan melalui bantuan router. Kemampuan routing ini membantu mengirimkan data pada perangkat secara personal menggunakan Wifi atau Bluetooth.

5. WLAN (Wireless Local Area Network)

Jaringan WLAN singkatan dari wireless local area network, dimana jaringan ini akan menggunakan bantuan jaringan komputer nirkabel untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih. Penggunaan jaringan WLAN ini terbatas di area seperti sekolah, kantor atau rumah. Jika dibandingkan dengan jaringan LAN, jaringan WLAN ini memiliki keunggulan mudah instalasinya dan lebih fleksibel.

6. Internet

Internet atau Interconnected Network merupakan jaringan komputer paling populer digunakan saat ini. Karena dengan jaringan internet, berbagai perangkat komputer bisa terhubung secara global dengan jarak yang sangat jauh.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi penjelasan secara ringkas tentang jenis-jenis jaringan komputer dan internet, semoga bermanfaat. Dengan adanya informasi ini diharapkan kamu bisa memahami jaringan komputer dan internet dengan lebih jelas.

Artikel menarik lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer